%L katalog4785 %D 2011 %I Universitas Kristen Duta Wacana %T IMPLEMENTASI ALGORITMA ITERATIVE DEEPENING SEARCH (IDS) UNTUK MENCARI SOLUSI DALAM PERMAINAN SHIKAKU %A Junventus Endwin 22043645 %X Permainan yang menggunakan logika banyak bermunculan, salah satunya permainan yang dikeluarkan oleh perusahaan Nikoli yang bernama Shikaku (rectangler). Permainan shikaku terdiri dari papan petak yang berisi angka. Pemain cukup membagi petak-petak menjadi beberapa sub petak sesuai angka yang ada. Cara pembagian petak-petak yang diperbolehkan adalah persegi panjang dan persegi. Tidak boleh ada 1 kotak pun yang tidak kelompokkan dan dalam 1 kelompok hanya boleh berisi 1 angka. Permainan selesai apabila seluruh petak telah dikelompokkan sesuai aturan tersebut. Sistem kecerdasan buatan dapat digunakan untuk membantu agar dapat menemukan solusi permainan shikaku. Sistem cerdas dibangun dengan menerapkan Iterartive Deepening Search yang merupakan algoritma pencarian buta (blind search) dimana tidak ada infomasi cost/jarak. Untuk mempermudah sistem ini bekerja, maka dibuatlah model pola dari angka-angka yang akan ditampilkan. Sistem akan menelusuri kemungkinan kemungkinan pola yang dapat dibentuk dari masing-masing angka namun dengan menentukan kedalaman depthlimitnya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa algoritma Iterative Deepening Search ini terbukti complete untuk menyelesaikan permainan Shikaku. Waktu yang diperlukan untuk menemukan solusi dengan fungsi tersebut relatif cepat yaitu 0,275 detik. Algoritma ini akan mengalami kebuntuan apabila soal yang dimasukkan salah.