%A RIO GYVER ANTHONIO 41120060 %X Latar Belakang: Tumbuhnya persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat dan tajam sehingga setiap rumah sakit dituntut untuk mempertinggi daya saing dengan berusaha memperhatikan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada semua pasien. Penilaian responden tentang pelayanan medis dan non medis yang telah diterima yang diukur dengan dapat dipercaya, jaminan, bukti fisik, empati, dan ketanggapan dan kepedulian.Kepuasan merupakan perasaan kecewa atau senang yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara hasil suatu produk atau perpsepsi kinerja dengan harapan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang menjelaskan hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas (kualitas pelayanan) dan variabel terikat (kepuasan pasien).Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RS Bethesda Yogyakarta dengan teknik pengambilan purposive sampling.Besar sampel sejumlah 73 orang.Data selanjutnya dianalisis dengan uji chi-square. Hasil: Penelitian ini dilakukan dengan uji chi-square antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien, dengan hasil p=0,001 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. %I Universitas Kristen Duta Wacana %T HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BETHESDA 2017 %K Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien %D 2017 %L katalog4704