TY - THES Y1 - 2013/06// ID - katalog4543 TI - PERANCANGAN PROGRAM BANTU PENGETAHUAN DASAR KETRAMPILAN UNTUK ANAK TUNA GRAHITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN A1 - 22084520, Debora Setyaningputri AV - restricted N2 - Aplikasi pembelajaran audio visual dapat digunakan untuk membantu anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental (tuna grahita). Anak tuna grahita membutuhkan pendidikan dan pelatihan yang dapat digunakan untuk kelangsungan hidupnya, sehingga dibutuhkan pembelajaran ketrampilan. Kurangnya ketertarikan anak tuna grahita terhadap materi pembelajaran menjadikan peneliti ingin merancang aplikasi program bantu ketrampilan untuk menarik minat anak terhadap materi pembelajaran serta membantu anak tuna grahita dalam memahami materi pembelajaran ketrampilan. Perancangan program bantu ketrampilan anak tuna grahita dilakukan dengan menggunakan metode user-centered design dengan pengguna sebagai pusat pembuatan desain antarmuka. Perancangan desain antarmuka disesuaikan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan serta memahami setiap materi yang akan diberikan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, peneliti melakukan wawancara terhadap pengajar dan observasi langsung terhadap anak tuna grahita. Berdasarkan hasil observasi dan pengujian yang dilakukan, penelitian program bantu pengetahuan dasar ketrampilan dengan metode user-centered design belum memiliki manfaat bagi anak tuna grahita ringan. Dari hasil pengujian terhadap pengenalan alat ketrampilan, hasil yang diperoleh adalah di bawah 80% dengan sebagian besar anak tuna grahita pada pengujian alat nyata belum dapat mendefinisikan nama-nama alat ketrampilan tersebut setelah melakukan pembelajaran dengan melihat gambar pada aplikasi pembelajaran. EP - 77 PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/4543/ KW - user-centered design KW - tuna grahita KW - pembelajaran ketrampilan M1 - skripsi ER -