@phdthesis{katalog4529, year = {2013}, author = {Primarekha Panji Satria 22084426}, month = {June}, title = {IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA GAME TANK RAMPAGE DI LINGKUNGAN XNA}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, abstract = {Dewasa ini, di mana teknologi berkembang dengan pesat, membuat teknologi game juga berkembang dengan pesat, terutama perkembangan metode pembuatan game dan framework yang dipakai untuk membuat game. Salah satu algoritma yang sering dipakai dalam membuat game adalah algoritma A*. Algoritma ini digunakan untuk melakukan pencarian jarak terpendek dari satu titik ke titik lain. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis membuat sebuah rancangan game. Game tersebut bernama Tank Rampage. Dalam perancangan game tersebut, penulis menggunakan XNA framework buatan Microsoft dan algoritma A* yang akan diterapkan pada pergerakan musuh komputer sehingga musuh komputer akan bisa bergerak lebih cerdas dalam mengejar player. Algoritma A* menggunakan fungsi heuristik sehingga hasilnya lebih optimal daripada algoritma pathfinding yang tidak menggunakan fungsi heuristik, misalnya algoritma greedy. XNA framework menyediakan fungsi-fungsi dan variabel untuk membantu proses pembuatan game, terutama dalam proses implementasi algoritma A* dan greedy. Hasil yang diamati dalam kasus ini adalah dalam map dengan tembok, Tembok berguna untuk membedakan jalur algoritma A* dan greedy, musuh dengan algoritma A* akan bisa mendeteksi tembok penghalang sehingga jarak terpendek bisa langsung ditemukan, berbeda dengan algoritma greedy yang harus menabrak tembok dulu, baru berbelok mencari jalan.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/4529/}, keywords = {Artificial Intelligence, PathFinding Algorithm, heuristik, A*, game, XNA Framework} }