eprintid: 4523 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/45/23 datestamp: 2021-06-28 02:30:19 lastmod: 2021-06-28 02:30:19 status_changed: 2021-06-28 02:30:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084402, Michael Septiana Wirawan creators_id: mikiee.1990@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI METODE GENERATE AND TEST UNTUK PREDIKSI PERSENTASE PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PERMAINAN KARTU BLACKJACK ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Generate And Test, Prediksi , Permainan Kartu, BlackJack, Kecerdasan Buatan abstract: Permainan kartu merupakan sebuah permainan sederhana, salah satu jenis permainan kartu yang terkenal adalah “BlackJack”. Perkembangan teknologi dalam bidang Artificial Intelligence diharapkan menjadi solusi mengurangi masalah kurangnya lawan bermain dan untuk mengasah logika dalam mengembangkan kemampuan bermain. Pada program ini terdapat beberapa istilah yang harus user ketahui yaitu hit (tambah kartu), stand (tidak minta tambah kartu) dan hint (melihat prediksi berupa persentase safe (aman) untuk mengambil keputusan berupa hit) dan busted (terbakar) apabila kartu user telah melebihi 21. Metode Generate And Test digunakan untuk memberikan solusi berupa prediksi persentase safe pengambilan keputusan untuk hit. Solusi yang dibangkitkan berupa nilai kartu 1 sampai 10, solusi yang sudah di bangkitkan akan diuji untuk mengetahui apakah sesuai dengan kriteria (tidak lebih dari 21) atau tidak. Dari hasil probabilitas setiap nilai kartu dapat diketahui persentase safe untuk menekan hit. Setelah melakukan ujicoba dan analisis dihasilkan bahwa percobaan terhadap user yang menggunakan hint meningkat 13,07% dalam meraih kemenangan dan memperkecil 8,6% memperoleh busted. Hasil penelitian terhadap komputer disimpulkan bahwa komputer 2 threshold (Hit jika nilai kartu ≤ 15 dan Hint ≥ 60%) memiliki persentase kemenangan lebih besar dibandingkan dengan 2 komputer lainnya dan komputer 3 dengan threshold (Hit jika nilai kartu ≤ 15 dan Hint ≥ 65%) memiliki persentase total busted lebih kecil dibandingkan dengan 2 komputer lainnya. date: 2013-06 date_type: published pages: 67 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22084402, Michael Septiana Wirawan (2013) IMPLEMENTASI METODE GENERATE AND TEST UNTUK PREDIKSI PERSENTASE PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PERMAINAN KARTU BLACKJACK. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4523/1/22084402_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4523/2/22084402_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf