%0 Thesis %9 Bachelor %A 22074349, Novan Dimas Subekti P. %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2013 %F katalog:4509 %I Universitas Kristen Duta Wacana %P 76 %T EVALUASI USABILITY SITUS LAYANAN PEMESANAN TIKET ONLINE %U https://katalog.ukdw.ac.id/4509/ %X Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada maskapai penerbangan Indonesia adalah dibangunnya situs website pemesanan tiket pesawat secara online. Akan tetapi website maskapai yang sudah ada, masih perlu adanya evaluasi usability untuk website maskapai tersebut, diantaranya adalah Lionair, Garuda Indonesia, Sriwjaya, Merpati dan Citilink. Dalam penelitian ini telah dilakukan lima task yang telah diberikan kepada lima partisipan. Setelah pemberian task, selanjutnya adalah penyebaran kuesioner kepada 20 responden dengan sepuluh pernyataan yang sudah dirancang. Melalui taskā€“task yang sudah diberikan dan kuesioner yang sudah disebar, selanjutnya melakukan analisis usability terhadap lima website maskapai tersebut, dengan mengacu pada lima aspek usability yang dijelaskan oleh Jacob Nielson yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Hasil dari Penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan, dengan adanya website maskapai user merasa sudah efektif, efisien dan merasa puas dengan adanya pemesanan tiket online. Hal ini telah ditunjukan dari Hasil rekap nilai usability untuk lima maskapai yang ada, dengan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability oleh user, yaitu sudah berada diatas rata-rata nilai tiga, sehingga dapat dikatan bahwa lima website maskapai yaitu Lionair, Garuda Indonesia, Merpati, Sriwijaya dan Citilink telah memiliki lima aspek penting usability yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction yang baik.