eprintid: 4493 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/44/93 datestamp: 2021-06-30 03:15:31 lastmod: 2021-06-30 03:15:31 status_changed: 2021-06-30 03:15:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 23090468, Trisna Ayuningtyas creators_id: kevas.macil@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Oetomo, Budi Sutedjo Dharma contributors_name: Jong, Jek Siang corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN HOTEL ispublished: pub subjects: QA75 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Sistem Informasi Hotel, Customer Relationship Management, Data Mining, Hotel. abstract: Dalam era globalisasi saat ini, sistem informasi sangat dibutuhkan dalam segala bidang, termasuk bidang perhotelan sebagai sarana akomodasi penginapan. Hal ini seperti yang ada pada Hotel Galuh Anindita Yogyakarta. Hotel Galuh Anindita Yogyakarta memerlukan sebuah sistem informasi hotel untuk meningkatkan hubungannya dengan pelanggan. Dengan sistem informasi yang akan dibangun, diharapkan dapat membantu bagian Front Office dalam menentukan manajemen hubungan pelanggan yang sesuai untuk hotel tersebut. Dalam skripsi ini dibuat program dengan menggunakan konsep Customer Relationship Management untuk menentukan layanan yang sesuai dengan karakter pelanggan hotel. Data yang diperlukan dalam kasus ini adalah data check in, data kamar, data tipe kamar, data layanan, dan data pelanggan. Setelah data tersebut dianalisis melalui proses Data Mining, dengan konsep Customer Relationship Management peneliti akan membuat jenis layanan yang tepat bagi pelanggan Hotel Galuh Anindita. Layanan-layanan ini akan digunakan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga loyalitasnya terhadap hotel mampu bertahan maupun justru meningkatkan loyalitasnya. Sistem dirancang menggunakan tools Microsoft Visual Studio dengan bahasa pemrograman C# dan Microsoft SQL Management Studio untuk membangun database hotel. Dengan adanya penerapan sistem informasi hotel dengan konsep Customer Relationship Management ini, pihak hotel khususnya bagian Front Office dipermudah dalam melakukan manajemen hubungan hotel dengan pelanggannya. Selain itu, sistem ini juga mempermudah Front Office dalam mengelola transaksi yang terjadi dan admin dalam mengelola data hotel secara efisien. date: 2013-06 date_type: published pages: 66 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 23090468, Trisna Ayuningtyas (2013) IMPLEMENTASI KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN HOTEL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4493/1/23090468_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4493/2/23090468_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf