%I Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog4493 %D 2013 %A Trisna Ayuningtyas 23090468 %X Dalam era globalisasi saat ini, sistem informasi sangat dibutuhkan dalam segala bidang, termasuk bidang perhotelan sebagai sarana akomodasi penginapan. Hal ini seperti yang ada pada Hotel Galuh Anindita Yogyakarta. Hotel Galuh Anindita Yogyakarta memerlukan sebuah sistem informasi hotel untuk meningkatkan hubungannya dengan pelanggan. Dengan sistem informasi yang akan dibangun, diharapkan dapat membantu bagian Front Office dalam menentukan manajemen hubungan pelanggan yang sesuai untuk hotel tersebut. Dalam skripsi ini dibuat program dengan menggunakan konsep Customer Relationship Management untuk menentukan layanan yang sesuai dengan karakter pelanggan hotel. Data yang diperlukan dalam kasus ini adalah data check in, data kamar, data tipe kamar, data layanan, dan data pelanggan. Setelah data tersebut dianalisis melalui proses Data Mining, dengan konsep Customer Relationship Management peneliti akan membuat jenis layanan yang tepat bagi pelanggan Hotel Galuh Anindita. Layanan-layanan ini akan digunakan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga loyalitasnya terhadap hotel mampu bertahan maupun justru meningkatkan loyalitasnya. Sistem dirancang menggunakan tools Microsoft Visual Studio dengan bahasa pemrograman C# dan Microsoft SQL Management Studio untuk membangun database hotel. Dengan adanya penerapan sistem informasi hotel dengan konsep Customer Relationship Management ini, pihak hotel khususnya bagian Front Office dipermudah dalam melakukan manajemen hubungan hotel dengan pelanggannya. Selain itu, sistem ini juga mempermudah Front Office dalam mengelola transaksi yang terjadi dan admin dalam mengelola data hotel secara efisien. %K Sistem Informasi Hotel, Customer Relationship Management, Data Mining, Hotel. %T IMPLEMENTASI KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN HOTEL