TY - THES N2 - Perkembangan teknologi untuk meningkatkan metode pembelajaran masa kini sudah semakin pesat. Baik itu untuk tingkat universitas, SMA, SMP, SD, bahkan untuk anak-anak prasekolah. Seringkali masalah yang sering timbul adalah bagaimana mengemas materi pembelajaran supaya lebih mudah untuk dimengerti dan lebih menarik untuk dipelajari. Salah satu cara pengemasan materi pembelajaran supaya lebih mudah untuk diserap oleh anak adalah dengan menerapkan teknologi informasi. Salah satu penerapan teknologi informasi untuk pembelajaran adalah dengan menggunakan augmented reality. Augmented reality artinya menyatukan antara dunia nyata dan dunia maya dengan tujuan agar lebih mudah untuk dipahami secara visual serta menunjukan interaksi diantara keduanya. Konsep CAI, yaitu Computer Aided Instruction, dan SAMR Model, yaitu Subtitution Augmentation Modification Redefinition, menjadi payung utama dalam mengembangkan sistem pembelajaran. Selain itu penulis juga membuat sistem untuk melakukan uji kemampuan. Dari sana pengguna akan dinilai sejauh apa memahami materi yang disampaikan. Sistem yang dibangun terbukti mampu mendukung pengguna untuk dapat belajar secara mandiri. Setelah melakukan uji coba terhadap beberapa pengguna yang sesuai dengan sasaran, pengguna dapat belajar dengan baik serta memperoleh hasil uji yang baik pula. Artinya aplikasi telah berhasil diterapkan pada aplikasi pembelajaran mengenal bentuk dengan menggunakan augmented reality dan computer aided instruction. A1 - 23090443, David Saputro Sugianto AV - restricted TI - COMPUTER AIDED INSTRUCTION UNTUK PEMBELAJARAN PENGENALAN BENTUK UNTUK ANAK PRASEKOLAH BERBASIS AUGMENTED REALITY Y1 - 2013/06// ID - katalog4492 M1 - skripsi UR - https://katalog.ukdw.ac.id/4492/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Augmented Reality KW - Computer Aided Instruction KW - Pembelajaran Bentuk EP - 50 ER -