eprintid: 4478 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/44/78 datestamp: 2021-06-24 02:02:17 lastmod: 2021-06-24 02:02:17 status_changed: 2021-06-24 02:02:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 23080344, Yohanes Pambudi creators_id: yohanespambudi@live.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Oetomo, Budi Sutedjo Dharma contributors_name: Jong, Jek Siang corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGELOLAAN ANTRIAN BENGKEL SEPEDA MOTOR STUDI KASUS: BENGKEL INDAH MOTOR ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: ZA divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Pengelolaan, Antrian, Servis Motor. abstract: Antrian adalah peristiwa yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan penyedia layanan dihadapkan pada kedatangan pelanggan yang berdekatan melebihi kapasitas pelayan. Pada bengkel Indah Motor satu pelayan dapat melayani satu pelanggan selama lebih dari satu jam. Bila semua montir sibuk melayani tentunya pelanggan selanjutnya harus mengantri. Selama ini antrian dilakukan secara manual menggunakan ingatan manusia. Hal ini rawan menimbulkan kekecewaan pelanggan jika terjadi loncatan giliran pada antrian. Dalam penelitian ini penulis telah membuat suatu program bantu pengelolaan antrian. Sebagai studi kasus diambil Bengkel Indah Motor. Proses antrian yang digunakan menggunakan disiplin antrian FIFO (First In First Out) atau yang pertama datang yang dilayani. Proses pengelolaan antrian juga menambahkan fitur prediksi kapan pelanggan pelanggan yang datang akan mulai dilayani. Hal ini dilakukan dengan cara mendata terlebih dahulu setiap pelanggan yang datang ke bengkel tentang servis apa saja yang diinginkan. Program dapat menghitung perkiraan waktu servis dan memasukkannya dalam antrian. Hasil akhir penelitian berupa suatu program yang mampu menginformasikan perkiraan waktu layanan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung lama layanan yang diminta pelanggan. Selanjutnya pelanggan yang sudah dihitung lama layanannya diantrikan ke pelayan. Waktu mulai layanan pelanggan yang kemudian datang adalah waktu selesai pelanggan yang datang lebih dahulu. date: 2013-06 date_type: published pages: 56 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 23080344, Yohanes Pambudi (2013) PENGELOLAAN ANTRIAN BENGKEL SEPEDA MOTOR STUDI KASUS: BENGKEL INDAH MOTOR. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4478/1/23080344_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4478/2/23080344_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf