%I Universitas Kristen Duta Wacana %X Perangkat keras terus berkembang mengikuti spesifikasi perkembangan perangkat lunak yang terus meningkat. Konsumen dari perangkat keras tentunya ingin memperoleh perangat keras yang terbaik tetapi kebutuhan dari satu konsumen dengan yang lainnya tentu saja berbeda dikarenakan oleh preferensi tiap orang berbeda. Perangkat keras seperti processor, GPU dan RAM memiliki banyak kriteria sehingga menyulitkan konsumen untuk memilih perangkat keras mana yang terbaik dan seberapa lebih baik suatu perangkat keras terhadap yang lainnya. Berdasaran permasalahan di atas, penulis ingin mengimplementasikan metode AHP dalam suatu sistem untuk membantu konsumen dalam memilih dan membandingkan perangkat keras. Dalam sistem yang dibangun input yang diberikan pengguna berupa perbandingan preferensi dari tiap kriteria dan pengguna memilih alternatif perangkat keras. Sistem akan menghasilkan suatu nilai yang mencerminkan nilai perangkat keras menurut preferensi pengguna. Sistem yang dibangun dengan metode AHP berhasil menampilkan nilai dari tiap perangkat keras sesuai dengan keinginan pengguna. Nilai yang ditampilkan mencerminkan preferensi pengguna karena sistem memproses preferensi pengguna terhadap tiap kriteria dan preferensi terhadap suatu kriteria mempengaruhi preferensi terhadap kriteria lainnya. %A Adam Jaya Anggawijaya 22084465 %L katalog4380 %D 2012 %T IMPLEMENTASI AHP UNTUK PROGRAM BANTU PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GPU, RAM DAN PROCESSOR BERDASARKAN SPESIFIKASI GAME