TY - THES AV - restricted EP - 63 M1 - masters ID - katalog438 TI - PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI MEDIASI DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU BETHESDA LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA KW - Kualitas layanan KW - kepuasan dan loyalitas. A1 - 13160002, YB. Arya Primantana N2 - Saat ini banyak Rumah Sakit di Indonesia berupaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien yang berkunjung ke Rumah Sakit. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh beberapa variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pasien dan variabel kepuasan pasien terhadap variabel loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 372 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuisioner. Hasil observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) yang mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pasien adalah variabel bukti fisik, sedangkan variabel yang lain (kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pasien. Variabel kepuasan pasien berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas pasien. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan membentuk kepuasan pelanggan dan variabel kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pasien di Instalasi Rawat Jalan RSU Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/438/ Y1 - 2019/07// ER -