eprintid: 4366 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/43/66 datestamp: 2021-06-18 02:57:28 lastmod: 2021-06-18 02:57:28 status_changed: 2021-06-18 02:57:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22074353, Iswanto creators_id: mcs.iswanto@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat contributors_name: Krisnawati, Lucia Dwi corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PENDESAINAN PROTOTYPE PEMINJAMAN BUKU DIGITAL BERBASIS WEB ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Goal-Directed Design, Interaksi Manusia Komputer, Perpustakaan Digital abstract: Buku digital merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang banyak digunakan oleh manusia pada saat ini. Namun buku digital belum banyak digunakan di perpustakaan karena belum banyak sistem yang menangani peminjaman buku digital. Penulis mencoba membuat sebuah prototype sistem perpustakaan digital dengan antarmuka yang dapat memudahkan pengguna. Goal-Directed Design adalah sebuah metode yang digunakan dalam pendesainan antarmuka. Terdapat enam proses utama dalam metode ini, yaitu tahap research, modeling, requirements, framework, refinement dan support. Inti dari metode ini adalah penggunaan Persona dan skenario sebagai alat pendesainan antarmuka. Proses research melibatkan wawancara kepada calon pengguna, dimana hasil dari wawancara tersebut akan dibentuk menjadi persona. Untuk setiap persona yang dihasilkan akan dibuat skenario konteks yang merupakan sumber dari kebutuhan persona. Kebutuhan yang didapatkan kemudian diubah dalam bentuk elemen antarmuka. Terdapat sebuah proses iteratif pada saat melakukan pendesainan. Dalam setiap iterasi terdapat skenario utama dan terdapat juga validasi. Akhir yang diperoleh dari tahap framework merupakan wireframe antarmuka yang akan digunakan sebagai basis dari desain antarmuka yang sebenarnya. Evaluasi dilakukan untuk menguji tingkat keberhasilan antarmuka yang dibuat Evaluasi dilakukan dengan menggunakan skenario yang diujikan pada pengguna sebenarnya. Uji usability yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan yang didapatkan adalah 85%. Hasil dari uji evaluasi digunakan untuk memperbaiki antarmuka sistem. date: 2012-11 date_type: published pages: 89 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22074353, Iswanto (2012) PENERAPAN GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PENDESAINAN PROTOTYPE PEMINJAMAN BUKU DIGITAL BERBASIS WEB. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4366/1/22074353_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4366/2/22074353_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf