%0 Thesis %9 Bachelor %A 22064143, Nelson Aryono Anindito %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2012 %F katalog:4346 %I Universitas Kristen Duta Wacana %P 44 %T PENERAPAN DEPTH FIRST SEARCH UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN MITCH MATCH %U https://katalog.ukdw.ac.id/4346/ %X Mitch Match merupakan permainan 2 dimensi berbentuk puzzle. Permainan Mitch Match terdiri dari beberapa papan permainan dan terdapat beberapa bentuk gambar yang berpasangan dalam setiap papan. Setiap papan dapat diselesaikan dengan menarik garis lurus pada 2 gambar yang sama bentuknya menjadi 1 garis tegak lurus atau mendatar. Jumlah garis yang ditarik untuk memasangkan 2 gambar harus tidak lebih dari 3 garis sehingga semua bentuk gambar dalam papan permainan akan habis. Banyak strategi dalam mencari solusi tercepat untuk menghabiskan semua gambar dalam papan permainan. Penulis menerapkan algoritma depth first search untuk mencari solusi tercepat pada setiap soal dalam papan permainan. Ada tiga ukuran papan yang akan digunakan untuk penerapan algoritma depth first search dalam permainan Mitch Match yaitu ukuran 4x4, 6x6 dan 8x8. Pada setiap ukuran papan permainan akan diberikan dua jenis soal yaitu soal yang dapat diselesaikan secara manual dan soal yang tidak dapat diselesaikan secara manual. Permainan juga menyediakan fasilitas untuk pemain dapat membuat soal. Penerapan algoritma depth first search mampu menunjukan solusi penyelesaian permainan Mitch Match untuk soal-soal dengan ukuran papan 4x4, 6x6 dan 8x8 yang secara manual dapat diselesaikan. Hasil analisis dengan 10 kali percoban pada setiap papan menunjukan bahawa depth first search tidak mampu menujukan solusi langkah untuk soal-soal dengan ukuran papan 4x4, 6x6 dan 8x8 yang secara manual tidak dapat diselesaikan.