TY - THES EP - 67 PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/4344/ M1 - skripsi A1 - 22064126, Nathanael Sandy Ardianto AV - restricted Y1 - 2012/11// ID - katalog4344 TI - ANALISA ALGORITMA FLOCKING DAN PATHFINDING PADA SIMULASI GAME REAL TIME STRATEGY (RTS) N2 - Permainan pada masa kini menjadi suatu kebutuhan bagi manusia, dikarenakan pekerjaan yang banyak menyita waktu ataupun waktu belajar yang padat membuat pikiran kita menjadi penat atau lelah, sehingga kita membutuhkan suatu penyegaran untuk menghibur diri sendiri yaitu dengan bermain permainan komputer. Permainan di masa sekarang juga mengalami perkembangan yang pesat, terutama pada jenis permainan Real Time Strategy (RTS), yaitu merupakan permainan yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya satu karakter saja, akan tetapi banyak karakter. Salah satu algoritma yang dapat digunakan dalam permainan RTS adalah mengimplementasikan algoritma flocking dan pathfinding. Algoritma flocking merupakan metode untuk meniru perilaku burung yang terbang secara berkelompok pada komputer untuk animasi, dan sekarang diadopsi untuk menggerakkan beberapa karakter dalam satu permainan secara berkelompok. Sedangkan algoritma patfinding merupakan algoritma yang digunakan terkhusus untuk permainan yang mencari jalur terpendek atau tercepat. Pada penelitian ini sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. Input data yang dibutuhkan program berupa titik koordinat awal mula, dan titik tujuan, serta map/peta yang disimpan dalam bentuk teks. Pengujian dilakukan dengan melakukan percobaan sebanyak minimal 30 kali terhadap simulasi permainan. Hasil pengujian persentase keberhasilan simulasi ini, dilihat dari banyaknya jumlah tentara yang berhasil mencapai tujuan dan dengan masing-masing biaya minimum yang telah ditempuh sampai dengan tujuan. Tingkat keberhasilan dan biaya minimum ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat kesulitan halangan. ER -