eprintid: 4341 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/43/41 datestamp: 2021-06-21 02:44:20 lastmod: 2021-06-21 02:44:20 status_changed: 2021-06-21 02:44:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064096, Surya Panca Prasetya creators_id: jiang.ti06@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wijaya, Katon contributors_name: Suwarno, Sri corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM SISTEM INFORMASI DENGAN MEMANFAATKAN SMS GATEWAY ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Customer Relationship Management, CRM, SMS Gateway abstract: Peminat perangkat GPS navigasi di Yogyakarta sudah mulai banyak, bahkan dengan harga yang relatif murah sudah dapat membeli GPS navigasi. GPS (Global Positioning System) navigasi adalah peta digital yang digunakan untuk membantu menunjukkan dan mengarahkan kita pada suatu tujuan, misalnya kota, jalan, dan suatu daerah tertentu. Kelengkapan peta dalam GPS belum 100% lengkap, sehingga dibutuhkan adanya perbaharuan peta. Sumber peta secara berkala akan dilakukan perbaharuan untuk mendapatkan tambahan kelengkapan peta GPS, sehingga akan muncul versi peta dengan tanggal release yang lebih baru. Informasi versi peta tersebut dapat diketahui melalui website www.navigasi.net, dari website tersebut dapat juga download peta versi yang terbaru. Dari hal tersebut muncul permasalahan bagi customer, yaitu para customer cukup susah untuk mendapatkan informasi dan melakukan pengupdatean sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis membuat sebuah sistem informasi dengan menerapkan Customer Relationship Management untuk memberikan kemudahan bagi customer yang membutuhkan informasi mengenai versi peta terbaru. Setelah dilakukan tanya jawab kepada customer, maka penulis memberikan suatu ide untuk memberikan informasi yang dapat diakses oleh customer dengan sangat mudah, yaitu melalui sms. Oleh karena itu, sistem juga dibuat suatu SMS Gateway untuk dapat menangani masalah penerimaan dan pembalasan sms secara otomatis. Tanggapan para customer cukup baik dalam menerima ide yang telah diberikan, yaitu membangun suatu sistem pembalas sms secara otomatis informasi versi peta yang dibutuhkan para customer. Customer akan lebih mudah melakukan sms ke nomor tertentu dengan format tertentu, dari pada harus mengakses internet. date: 2012-11 date_type: published pages: 112 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064096, Surya Panca Prasetya (2012) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM SISTEM INFORMASI DENGAN MEMANFAATKAN SMS GATEWAY. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4341/1/22064096_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4341/2/22064096_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf