eprintid: 4340 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/43/40 datestamp: 2021-06-21 02:41:57 lastmod: 2021-06-21 02:41:57 status_changed: 2021-06-21 02:41:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064091, Matahari Bhakti Nendya creators_id: dida.nendya@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Gandang G., Samuel contributors_name: Santosa, R. Gunawan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMETAAN PERILAKU NON-PLAYABLE CHARACTER PADA PERMAINAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Non-Playable Character, Role Playing Game, Finite State Machine. abstract: Role Playing Game merupakan permainan dimana para pemainnya memerankan tokoh-tokoh tertentu dan berkolaborasi dengan tokoh lain untuk membentuk suatu cerita. Role Playing Game identik dengan Non-Playable Character (NPC), oleh karena itu diperlukanlah sebuah metode pengambilan keputusan yang cerdas. Finite State Machine merupakan salah satu metode pengambilakan keputusan yang cerdas sehingga bisa dilihat aspek kedinamisan dari game. Penelitian ini berfokus kepada pemodelan perilaku NPC menggunakan Finite State Machine dan implementasinya sebagai pada game berbasis Role Playing Game menggunakan Game Engine RPG Maker XP. Ada empat jenis NPC yang menjadi acuan, yaitu NPC partner, NPC quest, NPC enemy dan NPC pendukung cerita. Setiap NPC memiliki ciri khas tersendiri sehingga membuat player akan menerima respon yang berbeda-beda ketika kondisi player itu berbeda Hasil penelitian menunjukkan bahwa Finite State Machine menghasilkan sebuah respon yang dinamis yang tentu saja membantu player untuk memahai jalur cerita dan pembentukan karakter player pun dapat terjadi. date: 2012-11 date_type: published pages: 69 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064091, Matahari Bhakti Nendya (2012) PEMETAAN PERILAKU NON-PLAYABLE CHARACTER PADA PERMAINAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4340/1/22064091_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4340/2/22064091_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf