TY - THES PB - Universitas Kristen Duta Wacana A1 - 22064091, Matahari Bhakti Nendya AV - restricted KW - Non-Playable Character KW - Role Playing Game KW - Finite State Machine. M1 - skripsi ID - katalog4340 N2 - Role Playing Game merupakan permainan dimana para pemainnya memerankan tokoh-tokoh tertentu dan berkolaborasi dengan tokoh lain untuk membentuk suatu cerita. Role Playing Game identik dengan Non-Playable Character (NPC), oleh karena itu diperlukanlah sebuah metode pengambilan keputusan yang cerdas. Finite State Machine merupakan salah satu metode pengambilakan keputusan yang cerdas sehingga bisa dilihat aspek kedinamisan dari game. Penelitian ini berfokus kepada pemodelan perilaku NPC menggunakan Finite State Machine dan implementasinya sebagai pada game berbasis Role Playing Game menggunakan Game Engine RPG Maker XP. Ada empat jenis NPC yang menjadi acuan, yaitu NPC partner, NPC quest, NPC enemy dan NPC pendukung cerita. Setiap NPC memiliki ciri khas tersendiri sehingga membuat player akan menerima respon yang berbeda-beda ketika kondisi player itu berbeda Hasil penelitian menunjukkan bahwa Finite State Machine menghasilkan sebuah respon yang dinamis yang tentu saja membantu player untuk memahai jalur cerita dan pembentukan karakter player pun dapat terjadi. Y1 - 2012/11// UR - https://katalog.ukdw.ac.id/4340/ TI - PEMETAAN PERILAKU NON-PLAYABLE CHARACTER PADA PERMAINAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. EP - 69 ER -