eprintid: 4320 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/43/20 datestamp: 2021-06-21 02:20:29 lastmod: 2021-06-21 02:20:29 status_changed: 2021-06-21 02:20:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22053832, Ricardo Aquaristo Siregar creators_id: sinungsungan.guru@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA GENERATE AND TEST PADA PERMASALAHAN PERMAINAN EIGHT PUZZLE. ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: generate and test, eight puzzle, bobot, heuristik abstract: Permainan Eight Puzzle adalah sebuah permainan yang dapat digunakan untuk melatih otak yang terdiri dari susunan puzzle angka dan puzzle gambar. Dalam permainan ini, pemain harus menyusun acakan puzzle gamba angkar sehingga menjadi urutan gambar angka yang jelas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan puzzle diantaranya adalah Generate and Test. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma Generate and Test untuk mencari solusi permainan Eight Puzzle. Generate and Test adalah salah satu algoritma yang melakukan pencarian dengan men ‘generate’ semua kemungkinan langkah dan melakukan pengujian keberhasilan mencapai solusi dari tiap langkah yang dihasilkan, algoritma ini mencari hasil solusi yang tercapai dan optimal dengan melihat bobot yang dihasilkan masing-masing solusi dan diambil yang paling bagus. Bobot dilihat dari heuristik atau tingkat kedalaman penelusuran solusi. Dari hasil penelitian ini, generate and test dapat menyelesaikan permainan Eight Puzzle. Jumlah node yang dibangkitkan pada permainan ini tergantung pada kotak yang bersebelahan dengan kotak berwarna hitam. Semakin banyak kotak yang bersebelahan dengan kotak berwarna hitam semakin banyak jumlah node yang dibangkitkan dalam pohon pencarian. date: 2012-11 date_type: published pages: 52 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22053832, Ricardo Aquaristo Siregar (2012) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENERATE AND TEST PADA PERMASALAHAN PERMAINAN EIGHT PUZZLE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4320/1/22053832_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4320/2/22053832_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf