TY - THES EP - 52 UR - https://katalog.ukdw.ac.id/4320/ TI - IMPLEMENTASI ALGORITMA GENERATE AND TEST PADA PERMASALAHAN PERMAINAN EIGHT PUZZLE. Y1 - 2012/11// N2 - Permainan Eight Puzzle adalah sebuah permainan yang dapat digunakan untuk melatih otak yang terdiri dari susunan puzzle angka dan puzzle gambar. Dalam permainan ini, pemain harus menyusun acakan puzzle gamba angkar sehingga menjadi urutan gambar angka yang jelas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan puzzle diantaranya adalah Generate and Test. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma Generate and Test untuk mencari solusi permainan Eight Puzzle. Generate and Test adalah salah satu algoritma yang melakukan pencarian dengan men ?generate? semua kemungkinan langkah dan melakukan pengujian keberhasilan mencapai solusi dari tiap langkah yang dihasilkan, algoritma ini mencari hasil solusi yang tercapai dan optimal dengan melihat bobot yang dihasilkan masing-masing solusi dan diambil yang paling bagus. Bobot dilihat dari heuristik atau tingkat kedalaman penelusuran solusi. Dari hasil penelitian ini, generate and test dapat menyelesaikan permainan Eight Puzzle. Jumlah node yang dibangkitkan pada permainan ini tergantung pada kotak yang bersebelahan dengan kotak berwarna hitam. Semakin banyak kotak yang bersebelahan dengan kotak berwarna hitam semakin banyak jumlah node yang dibangkitkan dalam pohon pencarian. ID - katalog4320 M1 - skripsi KW - generate and test KW - eight puzzle KW - bobot KW - heuristik AV - restricted A1 - 22053832, Ricardo Aquaristo Siregar PB - Universitas Kristen Duta Wacana ER -