%K Agency Theory, Agresivitas Pajak, Pergantian CEO %D 2020 %L katalog3945 %A Aprilianti Paskalina Setiawati 12160090 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak terhadap pergantian CEO. Pergantian CEO diukur dengan menggunkan variabel dummy. Nilai 1 untuk perusahaan yang mengganti CEO dan 0 untuk perusahaaan yang tidak mengganti CEO. Sedangkan agresivitas pajak diukur dengan menggunakan Effective Tax Rates (ETR). Penelitian ini menggunakan 86 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 – 2018 sebagai sampel sehingga terdapat 430 data observasi penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa agresivitas pajak tinggi berpengaruh positif terhadap pergantian CEO. Semakin tinggi agresivitas pajak maka semakin kecenderungan untuk mengganti CEO. %T PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP PERGANTIAN CEO PADA PERUSAHAAN PADA MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2018