TY - THES EP - 44 M1 - skripsi KW - Algoritma Greedy KW - Permainan Halma UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3883/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana TI - PENERAPAN ALGORITMA GREEDY DALAM PERMAINAN HALMA Y1 - 2013/06// ID - katalog3883 AV - restricted A1 - 22053750, Kharis Handoko N2 - Kecerdasan buatan adalah kecerdasan dari mesin atau salah satu bidang ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan kecerdasan tersebut. Salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan adalah permainan komputer. Permainan Halma adalah salah satu permainan komputer yang membutuhkan logika pemainnya untuk menyelesaikan permainan ini. Tujuan dari permainan ini adalah memindahkan bidak yang dimiliki menuju area tujuan lebih cepat dari lawan bermain. Sistem ini akan membantu komputer dalam pemilihan langkah-langkah yang dapat dilakukan di tiap gilirannya. Pemilihan langkah yang dilakukan oleh sistem menggunakan metode algoritma Greedy. Algoritma ini akan memilih langkah berdasarkan langkah terjauh yang dapat memberikan selisih jarak posisi awal dari goal dengan jarak posisi akhir dari goal terbesar di tiap giliran. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah program aplikasi dapat menyelesaikan permainan Halma dengan menggunakan algoritma Greedy. Walaupun algoritma Greedy selalu memberikan penyelesaian optimal lokal di tiap giliran, penyelesaian optimal global belum tentu didapatkan. ER -