eprintid: 3875 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 34 dir: disk0/00/00/38/75 datestamp: 2021-02-23 07:08:22 lastmod: 2021-02-23 07:08:22 status_changed: 2021-02-23 07:08:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 01082185, VALERINE FENNILIA creators_id: valerine.the@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christianti, Tabita Kartika corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: AKU, KAMU, KITA, DAN MEREKA : SEBUAH PENDIDIKAN KRISTIANI DENGAN PENDEKATAN SPIRITUALITAS BAGI RELASI INTERPERSONAL DI KOMISI PEMUDA GKI INDRAMAYU ispublished: pub subjects: BF subjects: BR subjects: BV1460 divisions: pend_teologi full_text_status: restricted keywords: Relasi Interpersonal, Komisi Pemuda, GKI Indramayu, Pendidikan Krisiani, Pendekatan Spiritualitas, Robert L. Selman, Parker J. Palmer abstract: Sebagai makhluk sosial, kehidupan setiap manusia tidak dapat dilepaskan dari keberadaan manusia yang lain. Realita ini juga dialami oleh pemuda, secara khusus di Komisi Pemuda GKI Indramayu. Keberadaannya di tengah lingkungan sosial, membuat pemuda GKI Indramayu harus mengembangkan relasi interpersonal mereka dengan menggunakan sebuah penalaran sosial. Adalah Robert L. Selman, seorang psikolog, yang mengenalkan mengenai teori penalaran sosial tersebut. Berdasarkan penelitian yang penyusun lakukan, umumnya pemuda GKI Indramayu berada pada Tingkat 3, di mana menurut Selman, seseorang sudah dapat menerima pandangan dari pihak ketiga. Sayangnya pandangan dari pihak ke tiga yang diterima tersebut hanya berasal dari kelompok teman sebaya maupun keluarga, bukan orang lain yang berbeda latar belakang dengan mereka. Oleh karena itu untuk mengupayakan relasi interpersonal yang harmonis di tengah konteks Komisi Pemuda GKI Indramayu, diperlukan sebuah Pendidikan Kristiani dengan menggunakan pendekatan spiritualitas, yang melaluinya, pemuda dapat mengolah segala dinamika yang mereka temukan dalam relasi interpersonal mereka. Pendidikan Kristiani tersebut dibangun berdasarkan kontekstualisasi atas teori Pendidikan Spiritualitas yang diintrodusir oleh Parker J. Palmer. Dalam teorinya tersebut, Palmer menekankan mengenai persahabatan yang harus dibangun oleh guru, naradidik, dan materi pelajaran di dalam pendidikan. date: 2013-06 date_type: published pages: 112 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Teologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 01082185, VALERINE FENNILIA (2013) AKU, KAMU, KITA, DAN MEREKA : SEBUAH PENDIDIKAN KRISTIANI DENGAN PENDEKATAN SPIRITUALITAS BAGI RELASI INTERPERSONAL DI KOMISI PEMUDA GKI INDRAMAYU. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3875/1/01082185_Bab1_bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3875/2/01082185_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf