TY - THES PB - Universitas Kristen Duta Wacana A1 - 01082185, VALERINE FENNILIA AV - restricted ID - katalog3875 M1 - skripsi KW - Relasi Interpersonal KW - Komisi Pemuda KW - GKI Indramayu KW - Pendidikan Krisiani KW - Pendekatan Spiritualitas KW - Robert L. Selman KW - Parker J. Palmer N2 - Sebagai makhluk sosial, kehidupan setiap manusia tidak dapat dilepaskan dari keberadaan manusia yang lain. Realita ini juga dialami oleh pemuda, secara khusus di Komisi Pemuda GKI Indramayu. Keberadaannya di tengah lingkungan sosial, membuat pemuda GKI Indramayu harus mengembangkan relasi interpersonal mereka dengan menggunakan sebuah penalaran sosial. Adalah Robert L. Selman, seorang psikolog, yang mengenalkan mengenai teori penalaran sosial tersebut. Berdasarkan penelitian yang penyusun lakukan, umumnya pemuda GKI Indramayu berada pada Tingkat 3, di mana menurut Selman, seseorang sudah dapat menerima pandangan dari pihak ketiga. Sayangnya pandangan dari pihak ke tiga yang diterima tersebut hanya berasal dari kelompok teman sebaya maupun keluarga, bukan orang lain yang berbeda latar belakang dengan mereka. Oleh karena itu untuk mengupayakan relasi interpersonal yang harmonis di tengah konteks Komisi Pemuda GKI Indramayu, diperlukan sebuah Pendidikan Kristiani dengan menggunakan pendekatan spiritualitas, yang melaluinya, pemuda dapat mengolah segala dinamika yang mereka temukan dalam relasi interpersonal mereka. Pendidikan Kristiani tersebut dibangun berdasarkan kontekstualisasi atas teori Pendidikan Spiritualitas yang diintrodusir oleh Parker J. Palmer. Dalam teorinya tersebut, Palmer menekankan mengenai persahabatan yang harus dibangun oleh guru, naradidik, dan materi pelajaran di dalam pendidikan. TI - AKU, KAMU, KITA, DAN MEREKA : SEBUAH PENDIDIKAN KRISTIANI DENGAN PENDEKATAN SPIRITUALITAS BAGI RELASI INTERPERSONAL DI KOMISI PEMUDA GKI INDRAMAYU UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3875/ EP - 112 Y1 - 2013/06// ER -