eprintid: 3860 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/38/60 datestamp: 2020-09-16 04:05:30 lastmod: 2020-09-16 04:05:30 status_changed: 2020-09-16 04:05:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 11084685, KHENANYA GINARID creators_id: khenanyaginarid@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Herdioko, Jonathan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN USAHA JASA LAUNDRY DI KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: HB subjects: HD28 subjects: HF subjects: HM divisions: manajemen full_text_status: restricted keywords: service marketing mix, volume penjualan, jasa laundry abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service marketing mix terhadap peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry. Obyek penelitian ini adalah para pengusaha yang memiliki usaha laundry yang berlokasi pada wilayah Kota Yogyakarta. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana pengaruh para pengusaha laundry menerapkan service marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, customer service untuk meningkatkan volume penjualan usaha jasanya. Data yang dicari dalam penelitian ini merupakan data primer melalui penyebaran kuesioner 100 pada para pengusaha laundry yang usaha laundrynya yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Data responden diklasifikasikan menjadi dua yaitu profil responden dan profil usaha responden. Profil responden dibedakan menurut jenis kelamin, umur, dan pendidikan. Untuk Profil usaha responden dibedakan menurut lama membuka usaha, jumlah karyawan, jumlah mesin cuci dan status kepemilikan usaha. Pengujian instrumen data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan hasilnya dinyatakan valid serta reliabel. Adapun analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS 17 for windows. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode regresi linier berganda nilai Adjusted R Square adalah 0,343 atau 34,3 %. Di samping itu, diketahui bahwa tingkat signifikansi variabel bebas secara bersama-sama sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi variabel bebas secara simultan (bersama-sama) lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Penelitian ini juga meneliti secara parsial (uji t) menghasilkan bahwa variabel product, place, promotion, dan customer service mempengaruhi peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry. Selain itu, ditemukan bahwa variabel price, people, dan process tidak mempengaruhi peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry di Kota Yogyakarta. date: 2012-06 date_type: published pages: 57 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Manajemen thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 11084685, KHENANYA GINARID (2012) PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN USAHA JASA LAUNDRY DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3860/1/11084685_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3860/2/11084685_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf