%D 2012 %L katalog3842 %T PENGARUH FAKTOR PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI YOGYAKARTA %K Faktor Produk (variabel kualitas produk, variabel model (desain), variabel layanan dan garansi, variabel harga jual kembali), dan loyalitas konsumen. %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Penelitian ini menguji pengaruh faktor produk pada loyalitas konsumen terhadap smartphone Blackberry di Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisioner. Sampel yang digunakan dipilih purposive sampling dengan kriteria konsumen yang sudah pernah berganti-ganti menggunakan smartphone Blackberry minimal 3 kali secara berturut-turut yang berada di Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat empat hipotesis yang didapatkan yaitu : diduga variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang diwujudkan dalam niat beli ulang, variabel model (desain) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang diwujudkan dalam niat beli ulang, variabel layanan dan garansi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang diwujudkan dalam niat beli ulang, variabel harga jual kembali berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang diwujudkan dalam niat beli ulang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat statistik regresi linier berganda. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari empat variabel faktor produk hanya terdapat satu variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan smartphone Blackberry di Yogyakarta yaitu variabel kualitas produk, sedangkan tiga variabel yang lain yaitu variabel model (desain), variabel layanan dan garansi, dan variabel harga jual kembali tidak berpengaruh secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa perilaku loyal konsumen terhdap smartphone Blackberry di Yogyakaarta sangat dipengaruhi oleh faktor kualitas dari produk Blackberry. %A RUDI GUNAWAN 11084643