%X Teknik berhitung yang saat ini sudah dikenal dan dipelajari oleh masyarakat di Indonesia diantaranya adalah mental aritmatika sempoa dan metode jarimatika. Berkembangnya teknologi informasi, mendorong juga perkembangan sarana pembelajaran di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Media visual menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media visual diharapkan suasana belajar kedua teknik berhitung tersebut menjadi menyenangkan dan pelajar tentunya akan lebih mudah mengerti. Program aplikasi bantu pengajaran sempoa dan jarimatika ini dibuat dengan menyesuaikan materi yang dibutuhkan oleh anak-anak dan membuat animasi gerakan pada materi belajar agar menarik minat anak-anak untuk belajar. Penelitian dilakukan dengan mengujikan program aplikasi langsung kepada anak-anak dan melakukan penilaian usability program berdasarkan waktu anak-anak dalam mengerjakan task yang diberikan. Selain itu penelitian juga dilakukan dengan kuisioner yang ditujukan kepada guru pendamping. Dari hasil penelitian aplikasi pembelajaran sempoa dan jarimatika digital ini diketahui bahwa prosentase usability aplikasi jarimatika lebih besar daripada prosentase daya guna aplikasi sempoa yang artinya aplikasi jarimatika lebih mudah digunakan daripada aplikasi sempoa. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya karena inputan mouse pada aplikasi jarimatika lebih mudah dibandingkan inputan mouse di dalam aplikasi pembelajaran sempoa. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A MELIANA JANUARIA 22064090 %T PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI BANTU PENGAJARAN SEMPOA DAN JARIMATIKA %L katalog3784 %D 2011