TY - THES ID - katalog3753 EP - 30 N2 - Pada Saat ini dunia permainan berkembang dengan pesat, terkhususnya pada penampilan suatu permainan. Saat ini permainan yang berkembang menggunakan suatu tampilan 3 Dimensi (3D). maka dari itu penulis ingin melakukan suatu riset tentang permainan 3D dengan menggunakan suatu metode tumbukan, yaitu dengan metode collision detection. Didalam paper ini mengimplementasikan metode collision detection pada sebuah permainan pinball. Collision detection mempunyai 3 Teknik pengerjaannya, yaitu Bounding box detection (pendeteksian dengan batasan berbentuk kotak), sphere detection(pendeteksian dengan batasan berbentuk bulat), dan dengan pendeteksian garis (vertikal atau horizontal, miring). Pada penggunaan bounding box pada permainan pinball, tumbukan bola yang terjadi tidak sempurna. Saat energi bola ditambahkan maka bola akan menembus batasan yang telah dibuat. Hal yang sama terjadi pada sphere detection, yaitu jika bola bertumbukan beberapa kali maka bola akan menembus batasan obyek dan merambat. Hal ini dikarenakan ketidak akuratan dalam pengambilan koordinat, dan penggunaan bilangan pecahan dalam pembuatan obyek. Oleh karena itu penulis menyarankan untuk memakai bahasa pemrograman yang mempunyai sistem koordinat dan mampu untuk menerima bilangan pecahan, sehingga dapat menghasilkan suatu permainan yang lebih baik. M1 - skripsi Y1 - 2011/01// A1 - 22053810, MICEND WIDIANINGRUM UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3753/ TI - PENGGUNAAN METODE COLLISION DETECTION PADA PERMAINAN PINBALL 3 D PB - Universitas Kristen Duta Wacana AV - restricted ER -