eprintid: 3734 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/37/34 datestamp: 2020-10-07 07:22:03 lastmod: 2020-10-07 07:22:03 status_changed: 2020-10-07 07:22:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22053947, YESTI PANGGALO creators_id: miss_yesti@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Santosa, R. Gunawan contributors_name: Hapsari, Widi corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX DENGAN METODE ALPHA BETA PRUNING PADA PERMAINAN DOTS AND SQUARES MODIFIKASI ispublished: pub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Permainan dots and squares merupakan salah satu permainan yang menggunakan logika dalam bermain dan menyelseaikanya. Walaupun logika dalam permainan ini relatif mudah, namun tidak semua pemain dapat menang melawan komputer. Permainan dots and squares merupakan salah satu masalah klasik dalam bidang kecerdasan buatan, dimana dots and squares ini seperti halnya sebuah permainan yang menggunakan logika. Dots and squares merupakan permainan yang menggunakan pensil dan kertas atau sering disebut pencil and paper games. Dots and squares permainan yang menggunakan kertas yang diberi tanda titik-titik sebagai papan permainan. Ukuran papan permainan ini yaitu 3x3 kotak (4x4 titik), 4x4 kotak (5x5 titik), 5x5 kotak (6x6 titik) dan 7X7 (8x8 titik). Jika pemain dapat membuat kotak atau squares maka kotak tersebut diberi tanda. Permasalahan dalam dots and squares adalah bagaimana membentuk kotak atau squares sebenyak-banyaknya dengan menghubungkan dua titik atau dots secara vertikal atau horishontal. Hasil pada penelitian ini adalah berupa sebuah program permainan dots and squares yang telah dimodifikasi. Modifikasi dilakakukan pada aturan permainan. Pada program ini akan memaksimalkan langkah computer untuk mendapatkan hasil terbaik, dengan menerapkan bobot dan beberapa aturan dengan menggunakan algoritma minimax metode alpha beta pruning dan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 untuk tahap implementasi. Program permainan ini juga memberikan pemilihan langkah hasil perhitungan algoritma minimax dengan metode alpha beta pruning. date: 2012-06 date_type: published pages: 39 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22053947, YESTI PANGGALO (2012) IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX DENGAN METODE ALPHA BETA PRUNING PADA PERMAINAN DOTS AND SQUARES MODIFIKASI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3734/1/22053947_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3734/2/22053947_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf