TY - THES N2 - Maleo Multi Warna sebagai perusahaan periklanan menerima pemesanan iklan dalam jumlah besar setiap hari. Perusahaan ini bekerja sama dengan beberapa surat kabar harian lokal dan nasional. Perusahaan mengkategorikan iklan menjadi tiga jenis yaitu: iklan baris, kolom dan halaman. Hingga kini pemesanan jumlah space kosong di suatu surat kabar masih dilakukan dengan cara coba-coba. Akibatnya sering terjadi space yang dialokasikan untuk perusahaan tidak cukup untuk memenuhi semua pesanan iklan atau sebaliknya space banyak yang kosong. Maka perusahaan memerlukan sarana untuk memperkiraan atau meramalkan jumlah pemesanan iklan untuk beberapa hari ke depan. Salah satu metode peramalan adalah metode regresi linear sederhana. Metode ini merupakan metode peramalan yang digunakan untuk melihat trend dari data deret waktu. Bagaimana mengolah data penjualan tersebut menggunakan teknik regresi linear sederhana menjadi informasi prediksi penjualan space iklan yang bermanfaat bagi perusahaan Maleo Multi Warna. Dari peramalan tahun-tahun sebelumnya, peramalan iklan baris menghasilkan nilai peramalan yang semakin kecil atau mendekati nilai nyata penjualan dengan semakin lama tahun peramalan. Nilai MAD juga semakin kecil dengan semakin lama tahun peramalan. A1 - 22022964, IMANUEL MATARRU AV - restricted TI - PERAMALAM ORDER IKLAN MENGGUNAKAN TEKNIK REGRESI LINEAR SEDERHANA DI PERUSAHAAN JASA IKLAN MALEO MULTI WARNA YOGYAKARTA ID - katalog3731 Y1 - 2012/06// M1 - skripsi PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3731/ KW - . EP - 41 ER -