eprintid: 3660 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/36/60 datestamp: 2020-09-01 06:32:03 lastmod: 2020-09-01 06:32:03 status_changed: 2020-09-01 06:32:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22033103, YEFTA LEE ONGI KARYANTO creators_id: 22033103@ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Oslan, Yetli contributors_name: Dwiyana, Djoni corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPELEMENTASI METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) UNTUK REKOMENDASI KOMBINASI KERAMIK BANGUNAN STUDI KASUS : TOKO KERAMIK AGAPE ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Pada toko keramik, transaksi penjualan yang dilakukan selalu dicatat kedalam nota dan komputer. Data hasil pencatatan biasanya hanya digunakan untuk keperluan administrasi, padahal data tersebut mengandung informasi yang dapat diproses menghasilkan informasi yang lebih luas lagi. Salah satu pemanfaatan data tersebut adalah untuk menemukan hubungan antar produk atau barang yang sering dibeli secara bersamaan. Berdasarkan dari hubungan keterikatan antara satu barang dengan barang lain, dimungkinkan dapat melakukan promosi barang atau pemberian rekomendasi kombinasi keramik bangunan dengan pola keterikatan barang tersebut kepada konsumen. Untuk dapat memberikan rekomendasi kombinasi / pasangan keramik dibutuhkan suatu pertimbangan yang cermat, sesuai dengan dengan kebiasaan permintaan konsumen/pelanggan. Salah satu metode yang digunakan untuk menemukan hubungan keterikatan barang yang dibeli secara bersamaan berdasarkan data-data penjualan sehingga dapat memberikan rekomendasi kombinasi adalah market basket analysis dengan teknik asosiasi sehingga ditemukan pasangan atau kombinasi keramik yang dapat ditawarkan kepada pelanggan dengan harapan meminimalkan promosi barang yang tingkat penjualannya rendah sehingga promosi akan lebih efektif dan menempatkan kombinasi atau pasangan barang yang tingkat penjualannya tinggi berdekatan. Sistem analisis keranjang belanjang (market basket analysis) yang dibangun dapat memberikan hasil rekomendasi keramik berupa nama barang / nama keramik disertai nilai support dan confidence dan gambar hasil kombinasi sesuai dengan kriteria-kriteria yang dimasukkan seperti warna, jenis, tipenya. date: 2011-02 date_type: published pages: 74 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22033103, YEFTA LEE ONGI KARYANTO (2011) IMPELEMENTASI METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) UNTUK REKOMENDASI KOMBINASI KERAMIK BANGUNAN STUDI KASUS : TOKO KERAMIK AGAPE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3660/1/22033103_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3660/2/22033103_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf