TY - THES N2 - Pembelajaran metode Hashing sudah banyak dilakukan dengan metode konvensional, yaitu menggunakan teks atau bacaan. Beberapa orang merasa mudah memproses informasi yang berbentuk visual, hal ini menunjukkan bahwa selain metode belajar dengan teks atau bacaan, perlu adanya suatu program bantu pembelajaran yang mampu menyajikan informasi yang berbentuk video, audio, teks, grafik dan animasi (simulasi). Pada skripsi ini, akan dibangun program bantu pembelajaran metode Hashing, dengan studi kasus Pengorganisasian Data Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana. Fungsi hash yang digunakan adalah metode pembagian dan untuk mengatasi tabrakan (collision) pada data adalah metode Coalesced Hashing dengan cellar. Program bantu yang dibangun menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic.NET 2008 Professional ini diharapkan dapat meningkatkan penyerapan pemahaman terhadap metode Hashing. Penelitian dilakukan dilakukan untuk membandingkan kemampuan pemahaman siswa bila pembelajaran dilakukan dengan program bantu dan pembelajaran secara manual. Responden yang dipilih melakukan proses pembelajaran dan menjawab soal tes yang diberikan. Hasil dan waktu pengerjaan akan digunakan sebagai alat ukur pembandingan pembelajaran dengan metode konvensional dan dengan program bantu. EP - 40 UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3658/ TI - PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN METODE HASHING (STUDI KASUS PENGORGANISASIAN DATA MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA) Y1 - 2011/02// AV - restricted ID - katalog3658 M1 - skripsi PB - Universitas Kristen Duta Wacana A1 - 22022889, OLIVIA TONTEMBOAN ER -