TY - THES Y1 - 2014/02// AV - restricted A1 - 23080305, FELLA OCTAVIA HADINATA ID - katalog3570 M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE MINING UNTUK PEMBUATAN PARCEL N2 - Menyusun parsel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli merupakan hal yang cukup sukar dilakukan bagi pemilik atau karyawan supermarket apabila mereka tidak mengetahui seluk-beluk dari data penjualan barang favorit pembeli. Ada beberapa faktor yang pelu dipertimbangkan dalam penyusunan parsel, tidak cukup hanya bisa menyusun parsel sesuai dengan harga yang diminati saja namun menyusun parsel dapat dilakukan dengan mengharapkan terjualnya atau keluarnya barang yang kurang laku atau akan mendekati masa kadaluarsanya sehingga penjualan supermarket tetap berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini maka dibangunlah sebuah program bantu yang dapat membantu pengguna sistem untuk melihat barang-barang yang disukai oleh pembeli sehingga bisa melakukan penyusunan parsel sesuai dengan keinginan pembeli namun tetap memasukkan barang-barang yang kurang disukai dan barang-barang yang sudah hampir mendekati kadaluarsa agar dapat keluar dengan tepat guna. Sistem ini mengembangkan implementasi program dengan Market Basket Analysis dengan metode Association Rule. Di dalam penelitian ini, metode ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan hasil dari proses analisis barang sehingga penyusun parsel dapat mengetahui barang mana saja yang sekiranya dapat disusun ke dalam suatu parsel yang akan diminati pembeli dengan menggunakan hasil laporan yang ada sehingga mempermudah penyusun untuk melihat barang mana saja yang bisa dimasukkan ke dalam isi parsel tersebut. KW - Program bantu KW - parsel KW - Market Basket Analysis KW - Association Rule PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3570/ EP - 114 ER -