@phdthesis{katalog3444, title = {PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMPENGARUHI STRES}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, author = {TINTUS WIDODO 12050440}, year = {2013}, month = {February}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/3444/}, abstract = {Mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi dituntut memiliki daya dan kerangka pikir serta sikap mental dan kepribadian serta berwawasan luas dalam menghadapi masalah-masalah dalam dunia nyata termasuk stres. Stres dapat timbul sewaktu mahasiswa tidak bisa mengikuti suatu mata kuliah tertentu di dalam perkuliahan. Tugas-tugas kuliah yang menumpuk dan memiliki batas waktu sebentar dapat mengakibatkan stres. Perilaku belajar dan kecerdasan emosional dapat mempengaruhi tingkat stres. Metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah akuntansi keuangan 1 dan bersedia menjadi responden. Jumlah sampel 98 responden. Pengukuran variabel menggunakan skala likert. Uji valididitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Uji asumsi kalsi yang digunakan adalah normalitas, multikolinieritas, hetroskedastisitas dan autokorelasi. Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap stres. Semakin baik perilaku belajar dan kecerdasan emosioanal maka tingkat stres yang dialaminya semakin rendah. Semakin buruk perilaku belajar dan kecerdasan emosioanal maka tingkat stres yang dialaminya semakin tinggi.}, keywords = {stres, perilaku belajar, kecerdasan emosional.} }