eprintid: 3413 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/34/13 datestamp: 2020-08-19 04:16:13 lastmod: 2020-08-19 04:16:13 status_changed: 2020-08-19 04:16:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 23050058, CHANDRA BUDI GUNAWAN creators_id: chandraholic13@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kristanto, Harianto contributors_name: Sutedjo, Budi corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PROGRAM BANTU MANAJEMEN BISNIS LAUNDRY DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT STUDI KASUS: PRIMA LAUNDRY ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted abstract: Proses pencucian dan gosok laundry untuk tujuan kepuasan pelanggan adalah hal yang tidak gampang karena harus mempertimbangkan berbagai faktor, sehingga sangat memerlukan ketelitian dari pihak laundry. Karena yang namanya permintaan seorang pelanggan pasti ada hal-hal tertentu yang berbeda dan jarang memiliki persamaan. Pencatatan kriteria dalam laundry ditentukan oleh berbagai faktor, misalnya jumlah sabun, jenis pewangi, model gosokan, dan kriteria yang lainnya. Pencatatan kriteria tersebut sangat diperlukan agar pemilik laundry dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pertimbangan laundry untuk menggunakan kriteria -kriteria diatas tentunya secara umum sudah mencakupi standar laundry, pengambil keputusan dalam hal ini pemilik laundry dan karyawan Prima Laundy bisa mencatat dan melakukan proses cuci dan gosok yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Dari masalah tersebut penulis menerapkan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang sangat bermanfaat dan dapat membantu perusahaan dalam melakukan pendekatan kepada para pelanggan dalam menjaga hubungan baik. Kemampuan CRM adalah konsepnya yang mudah dimengerti dan sistematis yang mendasari pendekatan dengan pelanggan sehingga dapat membantu memelihara hubungan baik dengan pelanggan. Hasil dari implementasi metode CRM(Customer Relationship Management) dalam laundry ini ternyata sangat membantu pendekatan pelanggan dalam hal ini pemilik laundry dan karyawan untuk mencatat kebiasaan pelanggan yang meningkatkan loyalitas pelanggan. date: 2012-02 date_type: published pages: 49 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 23050058, CHANDRA BUDI GUNAWAN (2012) PROGRAM BANTU MANAJEMEN BISNIS LAUNDRY DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT STUDI KASUS: PRIMA LAUNDRY. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3413/1/23050058_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3413/2/23050058_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf