eprintid: 3412 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/34/12 datestamp: 2021-06-15 02:31:15 lastmod: 2021-06-15 02:31:15 status_changed: 2021-06-15 02:31:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22094683, Steven Kristanto Gunawan creators_id: stev_en12@yahoo.co.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christanto, Antonius Rachmat contributors_name: Santosa, R. Gunawan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER-MOORE PADA PERMAINAN WORD SEARCH PUZZLE ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: word search puzzle, Boyer-Moore, String Matching. abstract: Permainan word search puzzle merupakan permainan puzzle pencarian kata-kata tersembunyi yang disusun dalam bentuk puzzle 2 dimensi. Penyelesaian dari game ini adalah menemukan semua kata yang tersembunyi di papan permainan yang berbentuk matriks. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat menemukan semua kata yang tersembunyi di dalam puzzle yang telah tersusun secara random baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal atau sebaliknya. Sistem yang dibangun untuk pencarian solusi menggunakan algoritma Boyer-Moore. Pencarian dilakukan dengan cara menentukan urutan arah terlebih dahulu kemudian sistem melakukan generate tabel pergeseran bad character rule dan good suffix rule dari setiap kata yang akan dicari oleh sistem dalam papan permainan. Setelah mengetahui nilai pergeseran huruf maka sistem memulai pencarian sesuai arah dan nilai pergeseran yang ditentukan. Penelitian yang dilakukan adalah melihat tingkat kesuksesan algoritma Boyer-Moore dan melihat kecepatan algoritma Boyer-Moore dalam melakukan pencarian kata-kata tersembunyi yang terdapat pada papan permainan. Hasil yang dicapai dari implementasi algoritma Boyer-Moore ini adalah ketepatan algoritma Boyer-Moore dalam mencari kata-kata tersembunyi pada permainan word search puzzle sangat bagus karena memiliki ketepatan 100%. Namun waktu yang diperlukan untuk menemukan kata-kata tersembunyi di dalam puzzle tersebut lama karena pencarian dilakukan berdasarkan arah yang telah ditentukan dan ukuran papan juga berpengaruh. date: 2013-02 date_type: published pages: 59 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22094683, Steven Kristanto Gunawan (2013) IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER-MOORE PADA PERMAINAN WORD SEARCH PUZZLE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3412/1/22094683_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3412/2/22094683_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf