eprintid: 3373 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/33/73 datestamp: 2020-11-11 06:57:53 lastmod: 2020-11-11 06:57:53 status_changed: 2020-11-11 06:57:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22094813, ANINTO YODHA PRAMODATAMA creators_id: semoet.project@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setiadi, Hendro contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBUATAN GAME BERBASIS ANDROID ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Android, Mobile Games, Augmented Reality, Gameplay, Image Processing, Role-Playing Game abstract: Banyak pengguna game bosan dengan game mobile yang hanya menyajikan gameplay yang sama. Penggunaan Augmented Reality (AR) dapat mengatasi kebosananan dari pengguna game tersebut untuk mendapatkan nilai satisfaction yang baik. Nilai satisfaction yang baik dipengaruhi juga oleh elemen-elemen dari game itu sendiri yaitu gameplay, user interface dan level desain. Performa dari game menggunakan AR dipengaruhi oleh kontras citra, blur pixelize pada marker yang digunakan dan juga dipengaruhi oleh jarak kamera perangkat dengan marker. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan observasi langsung untuk mendapatkan data yang akan diolah. Pengolahan yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan metode kuantitatif dan metode uji statistik untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa gameplay, user interface yang disajikan kurang baik sedangkan level desain dirasa cukup baik. Dari semua hasil tersebut ternyata user merasa puas dengan game yang diujikan. Kepuasan tersebut dipengaruhi dari gameplay, user interface dan level desain yang ada. Sedangkan game yang diujikan juga diharuskan mempunyai marker yang kontras citranya harus tinggi, blur pixelize harus rendah atau tidak ada sama sekali agar sistem dapat mendeteksi marker tersebut. Jarak penampil juga ditentukan untuk mencapai jarak kurang lebih 90cm untuk mendapatkan tampilan obyek animasi yang baik untuk digunakan. date: 2014-02 date_type: published pages: 54 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22094813, ANINTO YODHA PRAMODATAMA (2014) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBUATAN GAME BERBASIS ANDROID. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3373/1/22094813_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3373/2/22094813_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf