@phdthesis{katalog3373, author = {ANINTO YODHA PRAMODATAMA 22094813}, month = {February}, title = {IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBUATAN GAME BERBASIS ANDROID}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2014}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/3373/}, keywords = {Android, Mobile Games, Augmented Reality, Gameplay, Image Processing, Role-Playing Game}, abstract = {Banyak pengguna game bosan dengan game mobile yang hanya menyajikan gameplay yang sama. Penggunaan Augmented Reality (AR) dapat mengatasi kebosananan dari pengguna game tersebut untuk mendapatkan nilai satisfaction yang baik. Nilai satisfaction yang baik dipengaruhi juga oleh elemen-elemen dari game itu sendiri yaitu gameplay, user interface dan level desain. Performa dari game menggunakan AR dipengaruhi oleh kontras citra, blur pixelize pada marker yang digunakan dan juga dipengaruhi oleh jarak kamera perangkat dengan marker. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan observasi langsung untuk mendapatkan data yang akan diolah. Pengolahan yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan metode kuantitatif dan metode uji statistik untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa gameplay, user interface yang disajikan kurang baik sedangkan level desain dirasa cukup baik. Dari semua hasil tersebut ternyata user merasa puas dengan game yang diujikan. Kepuasan tersebut dipengaruhi dari gameplay, user interface dan level desain yang ada. Sedangkan game yang diujikan juga diharuskan mempunyai marker yang kontras citranya harus tinggi, blur pixelize harus rendah atau tidak ada sama sekali agar sistem dapat mendeteksi marker tersebut. Jarak penampil juga ditentukan untuk mencapai jarak kurang lebih 90cm untuk mendapatkan tampilan obyek animasi yang baik untuk digunakan.} }