eprintid: 3363 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/33/63 datestamp: 2020-11-09 04:18:02 lastmod: 2020-11-09 04:18:02 status_changed: 2020-11-09 04:18:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22094729, SANDY HENMAWAN creators_id: luckysandjr@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Santosa, R. Gunawan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI METODE MINIMAX DAN BEST FIRST SEARCH UNTUK GHOST PADA PERMAINAN PACMAN ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: pacman, ghost, minimax abstract: Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, masih banyak hal yang bisa diteliti dalam bidang game, khususnya dalam game berbasis cerdas. Salah satu permainan yang cukup terkenal dan berbasis cerdas adalah pacman. Dalam permainan pacman terdapat musuh yang dinamakan ghost. Ghost inilah yang dapat dibuat dan diteliti untuk dibuat sesulit mungkin. Untuk membuat kecerdasan buatan dapat dilakukan dengan beberapa metode. Metode tersebut dapat digunakan untuk menentukan langkah yang akan ditentukan oleh ghost Dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan kecerdasan buatan untuk ghost pada permainan pacman. Ghost yang dibuat menggunakan 2 buah metode yaitu best first search dan minimax yang nantinya akan dibandingkan. Perbandingan yang dilakukan adalah dari tingkat kesulitan masing-masing metode dengan melakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan cara mengambil 5 pemain dan memainkan masing-masing metode sebanyak 10x. Dilakukan pengujian terhadap permainan yang telah dibuat dengan cara melakukan ujicoba. Lima orang akan memainkan sepuluh kali permainan dari masing-masing algoritma. Dari data yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa metode best first search dan minimax dapat diterapkan untuk ghost pada permainan pacman. Dari jumlah menang pada setiap user dapat disimpulkan bahwa Metode minimax memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari best first search, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode minimax lebih efektif. date: 2014-02 date_type: published pages: 40 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22094729, SANDY HENMAWAN (2014) IMPLEMENTASI METODE MINIMAX DAN BEST FIRST SEARCH UNTUK GHOST PADA PERMAINAN PACMAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3363/1/22094729_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3363/2/22094729_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf