TY - THES M1 - skripsi KW - algoritma Monte Carlo KW - othello KW - permainan papan UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3352/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana EP - 97 N2 - Perkembangan teknologi telah mengarah pada Kecerdasan Buatan, banyak permainan termasuk permainan Othello memanfaatkan Kecerdasan Buatan dalam implementasinya. Terdapat banyak pengembangan algoritma dalam permainan Othello yang dapat membuat agen cerdas semakin lebih baik ataupun lebih buruk. Dalam penelitian, suatu sistem dibangun untuk dapat melakukan permainan Othello. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa tingkat kemenangan dan waktu proses dari tiap metode pengembangan algoritma Monte Carlo. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 1000 sampel pada masingmasing metode. Metode yang dipergunakan antara lain metode Random, metode Roxanne, Mobility, Potential Mobility, Critical Path Method dan Critical Path Method with Roxanne. Setelah melakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibangun, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan algoritma Monte Carlo tidak selalu memiliki hasil yang lebih baik. Metode Roxanne memiliki hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan metode lainnya baik dari tingkat kemenangan antar metode maupun waktu proses yang diperlukan, sedangkan metode Potential Mobility memiliki hasil yang lebih buruk dari metode Random. TI - IMPLEMENTASI 5 METODE ALGORITMA MONTE CARLO DALAM SIMULASI PERMAINAN OTHELLO Y1 - 2014/02// ID - katalog3352 AV - restricted A1 - 22094642, TIMOTIUS CHARLES EVELYN SETIAWAN ER -