eprintid: 3342 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/33/42 datestamp: 2021-06-11 02:43:57 lastmod: 2021-06-11 02:43:57 status_changed: 2021-06-11 02:43:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084431, Sutian Effendy creators_id: sutian_chibi@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Haryono, Nugroho Agus contributors_name: R., Theresia Herlina corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DAN DFS DALAM GAME BOMBERMAN BERBASIS AS3 ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Algoritma, A* , Depth First Search, Permainan, Bomberman abstract: Bomberman adalah salah satu permainan yang bergenre petualangan fantasi (fantasy adventure) yang dimainkan di sebuah bidang papan oleh satu user (pemain), dimana karakter yang dimainkan (Bomberman) mampu mengeluarkan bom yang akan meledak untuk menghancurkan batu yang menghalangi jalannya, serta mampu membunuh musuh-musuh yang akan menyerangnya. Untuk menyelesaikan satu stage pemain haruslah mencari gate yang tersembunyi di bawah sebuah batu penghalang, untuk menyelesaikan semua stage pemain akan mendapat bantuan dari item yang didapat di bawah batu penghalang yang dihancurkan. Penulis mengimplementasikan dua algoritma yaitu algoritma A* dan algoritma Depth First Search (DFS) untuk membuat dua monster yang memiliki dua pola gerak yang khusus. Hasil penelitian ini adalah permainan Bomberman yang diimplementasikan algortima (baik A* dan DFS) lebih sulit dari pada permainan Bomberman yang tidak di terapkan algoritma, hal tersebut didukung oleh hasil 96% dari sampel mengatakan bahwa permainan Bomberman pertama (dengan algoritma) lebih sulit dari pada permainan Bomberman kedua (tanpa algoritma). date: 2014-02 date_type: published pages: 32 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22084431, Sutian Effendy (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DAN DFS DALAM GAME BOMBERMAN BERBASIS AS3. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3342/1/22084431_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3342/2/22084431_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf