eprintid: 3340 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/33/40 datestamp: 2021-06-11 02:39:46 lastmod: 2021-06-11 02:39:46 status_changed: 2021-06-11 02:39:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084430, Robertus Billy Hermawan creators_id: robertus_leon2221@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DALAM PEMBANGUNAN APLIKASI GAME TOWER DEFENSE ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Game Tower Defense, Algoritma A*, nilai G(n), nilai F(n), algoritma Astar abstract: Kebutuhan hiburan selalu dicari banyak orang. Dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang terutama pada bidang komputerisasi membuat game menjadi berkembang pesat. Banyak macam bentuk game yang dimainkan dan dan sarana untuk memainkannya seperti pada PC, laptop, handphone, dan game console itu sendiri. Game Tower Defense adalah salah satu game yang banyak peminatnya. Game ini selalu berbicara tentang benteng pertahanan yang melindungi base atau kastil dan ada musuh yang mencoba masuk. Tugas dari pemain adalah membangun benteng untuk menghalau datangnya musuh. Permasalahan dalam game ini adalah tembakan dari tower atau benteng pertahanan dapat menentukan jalur yang terpendek agar dapat mengambil langkah yang tepat di dalam mempertahankan sebuah kastil. Algoritma A* bekerja dengan menerapkan perhitungan pencarian jalurnya dengan pohon A*. Tingkat kedalaman pada perhitungan tidak mempengaruhi lamanya proses pencarian. Nilai atau hasil yang didapat dari pencarian berdasarkan pada kecocokan nilai G(n) dan F(n). Dalam kasus penyelesaian Game Tower Defense untuk diteliti keberhasilannya ditinjau juga dari segi kecepatan, radius, dan banyaknya jumlah tower dalam menyelesaikan game tersebut. Penerapkan algoritma Astar tower atau benteng pertahanan tidak sepenuhnya sempurna dalam membunuh musuh sebelum masuk kastil atau base. Adanya penambahan perhitungan dilakukan untuk membantu Astar agar lebih sempurna date: 2014-02 date_type: published pages: 35 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22084430, Robertus Billy Hermawan (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DALAM PEMBANGUNAN APLIKASI GAME TOWER DEFENSE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3340/1/22084430_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3340/2/22084430_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf