%T PENGARUH KUALITAS LAYANAN KASIR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIROTA KAMPUS C.SIMANJUNTAK YOGYAKARTA %K kepuasan konsumen, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. %L katalog3324 %D 2012 %X Dengan semakin berkembangnya kondisi perekonomian Indonesia yang ditandai dengan meningkatnya taraf hidup dan pendapatan perkapita masyarakat Indonesia. Hal ini berakibat pula pada peningkatan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Melihat kondisi seperti itu maka bisnis eceran (retail) merupakan salah satu bisnis yang mempunyai prospek bagus karena melayani langsung kebutuhan masyarakat. Saat ini bisnis retail sangat marak dan beragam sehingga iklim persaingan di bisnis retail pun tidak dapat dihindari. Untuk memenangkan persaingan maka yang perlu diperhatikan adalah kepuasan konsumen. Untuk bisnis retail salah satu faktor yang berperan besar dalam kepuasan konsumen adalah pelayanan kasir, di mana kasir sebagai bagian yang cukup penting karena berhubungan langsung dengan konsumen. Hal yang dapat dilakukan untuk mencapai kepuasan konsumen adalah dengan memberikan pelayanan secara prima oleh kasir kepada konsumen, sehingga akan memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan latar belakang tersebut penulis kemudian mengangkat judul “Pengaruh Kualitas Layanan Kasir Terhadap Kepuasan Konsumen Mirota Kampus C.Simanjuntak Yogyakarta”. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh masing-masing variabel kualitas layanan kasir (reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles) terhadap kepuasan konsumen , apakah masing-masing dimensi kualitas layanan kasir tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dan sekaligus mencari perbedaan tingkat kepuasannya. Penelitian dilakukan di Mirota Kampus Jalan C.Simanjuntak no.70 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 100 responden. Responden diberikan kuesioner yang berisikan tentang profil responden dan tanggapan mengenai dimensi kualitas layanan kasir Mirota Kampus C.Simanjuntak. Setelah selesai mengumpulkan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dan hasilnya semua variabel valid. Lalu dilakukan uji Hipotesis dengan analisis prosentase dan Regresi Linier Berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara kualitas layanan kasir terhadap kepuasan konsumen mirota kampus C.Simanjuntak Yogyakarta dengan nilai R2 = 0,806. Dari dimensi kualitas layanan kasir, variabel reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel tangibles tidak berpengaruh secara signifikan. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A REDI YONATAN WINATA 11084661