%0 Thesis %9 Bachelor %A 11084636, INTAN WIDASWARA %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Manajemen %D 2012 %F katalog:3316 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Endorser/ Bintang Iklan, Setting Lokasi, Lagu/Jingle, Pesan Iklan, Kostum, Minat Menonton Iklan Televisi %P 59 %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENONTON IKLAN BERNUANSA ASIA TIMUR DI TELEVISI %U https://katalog.ukdw.ac.id/3316/ %X Dunia periklanan saat ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini terjadi sebab banyak perusahaan-perusahaan yang mulai menjadikan iklan sebagai alat untuk memperkenalkan produknya. Melihat hal ini, maka persaingan perusahaan periklanan pun mulai banyak terjadi, sebab banyak perusahaan periklanan yang digunakan oleh perusahaan untuk membuatkan iklan bagi produk perusahaannya. Media untuk beriklanpun kemudian menjadi suatu hal yang penting, dan media televisi dinilai lebih efektif sebagai media beriklan. Membuat iklan yang efektif tetapi tetap kreatif adalah tugas perusahaan periklanan. Untuk memiliki ide kreatif dalam pembuatan iklannya, salah satunya dapat dilakukan dengan memasukkan suatu fenomena yang sedang melanda masyarakat Indonesia seperti fenomena Asia Timur (mengidolakan artis-artis yang berasal dari Jepang dan Korea serta artis-artis lokal yang memang dengan sengaja dibuat bergaya Asia Timur). Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh endorser, setting lokasi, lagu/ jingle, pesan iklan, dan kostum terhadap minat menonton iklan. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 100 responden sebagai sampel. Pengambilan sampel akan dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penelitian dilakukan pada 100 responden di Yogyakarta yang berprofesi sebagai pelajar dan mahasiswa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat menonton iklan televisi seseorang adalah variabel endorser/ bintang iklan dan variabel kostum. Dan untuk variabel lagu/jingle, setting lokasi dan pesan iklan tidak berpengaruh terhadap minat menonton iklan televisi seseorang.