eprintid: 3305 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/33/05 datestamp: 2020-09-16 04:28:27 lastmod: 2020-09-16 04:28:27 status_changed: 2020-09-16 04:28:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 11074553, CLAUDIO CRISTOVAO GIRI creators_id: claudiocristovaogiri@yahoo.co.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukoco, Andreas Ari corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERBANDINGAN ASOSIASI MEREK PRODUK ROKOK DJARUM SUPER DENGAN ROKOK GUDANG GARAM DI KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: HC subjects: HD subjects: HT divisions: manajemen full_text_status: restricted keywords: Merek, Asosiasi Merek. abstract: Kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, memaksa setiap perusahaan rokok untuk lebih inovasi mengembangkan produk mereka. Oleh karena itu peneliti ini mencoba untuk mengetahui pembentukan asosiasi merek terhadap Djarum Super dengan Gudang Garam Asosiasi merek merupakan dasar untuk kualitas pembentukkan citra merek dan ekuitas merek. Bagi pemasar asosiasi merek berguna dalam banyak hal, terutama untuk pengambilan keputusan dan perluasan produknya, sedangkan bagi konsumen bisa dijadikan untuk dasar dalam pemilihan merek yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Perusahaan yang mempunyai citra merek yang kuat mempunyai alternatif untuk bersaing pada tingkat harga dan spesifikasi produk. Dengan memiliki citra merek yang kuat perusahaan dapat tetap bersaing, merebut dan bahkan memenangkan persaingan pasar. Keunggulan persaingan yang didasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan strategi yang efektif untuk menciptakan asosiasi merek yang kuat adalah dengan memadukan bauran komunikasi yaitu dengan periklanan, promosi, penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan kemasan yang didesain. Banyak perusahaan dengan mereknya masing-masing berebut untuk bisa memimpin pasar. Berbagai cara dilakukan dari promosi, seperti menjadi sponsor dalam event-event tertentu dan lain sebagainya. Dengan latar belakang tersebut penulis mengangkat judul “Perbandingan Asosiasi Merek Produk Rokok Djarum Super dengan Gudang Garam Di Kota Yogyakarta”. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimanakah konsumen rokok di kota Yogyakarta mengasosiasikan rokok Djarum Super dan Gudang Garam. Dengan menggunakan 100 responden di kota Yogyakarta, penelitian ini mencoba mengidentifikasi asosiasi merek dari rokok merek Djarum Super dan Gudang Garam melalui metode Cochran Q test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 5 (lima) asosiasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan ekuitas merek Djarum super yaitu Rasanya pas, Produk mudah diperoleh, Promosi gencar,Kualitas tembakau baik dan slogan mudah diingat. Sedangkan untuk Gudang garam menunjukkan 6 (enam) asosiasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan ekuitas merek yaitu Produk mudah diperoleh, Kemasan menarik, Promosi gencar, Logo menarik, Kualitas tembakau baik, Slogan mudah diingat. date: 2012-02 date_type: published pages: 52 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Manajemen thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 11074553, CLAUDIO CRISTOVAO GIRI (2012) PERBANDINGAN ASOSIASI MEREK PRODUK ROKOK DJARUM SUPER DENGAN ROKOK GUDANG GARAM DI KOTA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3305/1/11074553_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3305/2/11074553_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf