eprintid: 3275 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/32/75 datestamp: 2020-12-14 02:43:12 lastmod: 2020-12-14 02:43:12 status_changed: 2020-12-14 02:43:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 01082162, PAULUS EKO KRISTIANTO creators_id: pauluskristianto61@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christiani, Tabita Kartika corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGEMBANGAN KESADARAN TEOLOGI DIFABILITAS DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH ispublished: pub subjects: BR subjects: BV1460 subjects: HN divisions: pend_teologi full_text_status: restricted keywords: Kesetaraan, “Orang normal”, Difabel, Kesadaran, Teologi Masyarakat Inklusif, Kurikulum, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah abstract: Keberadaan difabel bawaan dan non-bawaan tidak terelakkan dalam konteks Indonesia. Sayangnya, fakta tersebut tidak direspon dengan baik. Hal ini nampak melalui banyaknya diskriminasi terhadap difabel. Walau demikian, advokasi difabilitas pun banyak tetapi kurang mendapatkan hasil signifikan dalam kesetaraan “orang normal” dan difabel. Bahkan dari segi pendidikan, kurikulum Pendidikan Agama Kristen di sekolah masih tergolong minim dalam membahas isu teologi difabilitas. Oleh karena itu, penulis mencoba mengajukan teologi masyarakat inklusif sebagai dasar teologis perjuangan keberadaan difabel di Indonesia. Kemudian, penulis mengemas teologi tersebut menjadi strategi pengembangan kesadaran teologi difabilitas dengan pendekatan transformatif dalam kurikulum Pendidikan Agama Kristen di sekolah dengan melibatkan komponen kurikulum di antaranya materi pembelajaran, metode pengajaran, silabus, penilaian, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Melalui sumbangan kecil strategi tersebut, penulis berharap kesetaraan “orang normal” dan difabel dapat terwujud karena peserta didik telah dikader melalui pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan integrasi dengan kurikulum mata pelajaran lainnya menjadi aktivis teologi difabilitas dalam praksis kesehariannya. Namun, langkah ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerja sama semua stake holder pendidikan yakni Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Kelompok Kerja Pendidikan Agama Kristen Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, yayasan sekolah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat. date: 2014-02 date_type: published pages: 114 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Teologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 01082162, PAULUS EKO KRISTIANTO (2014) PENGEMBANGAN KESADARAN TEOLOGI DIFABILITAS DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3275/1/01082162_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3275/2/01082162_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf