eprintid: 3258 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/32/58 datestamp: 2020-08-06 06:37:23 lastmod: 2020-08-06 06:37:23 status_changed: 2020-08-06 06:37:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084468, HAVEL CYRUS ADIWITYA creators_id: vl_s@ymail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setiadi, Hendro contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGEMBANGAN PERMAINAN TIC TAC TOE SECARA MULTIPLAYER BERBASIS ONLINE ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Tic Tac Toe merupakan permainan paling tua yang pernah dimainkan oleh manusia. Tic Tac Toe dipercayai berasal dari Mesir ribuan tahun yang lalu. Namun dari bukti-bukti sejarah, permainan ini mulai populer pada jaman kerajaan Romawi. Menariknya, seiring dengan bertambahnya experience dan skill pemain, kedua pemain akan lebih sering mendapatkan hasil seri. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa topik ini diambil karena permainan ini sangat cocok untuk perkembangan pemain karena ketika pemain telah menguasai permainan ini, maka mereka akan dapat dengan lebih mudah menguasai permainan lain yang memerlukan tingkat intelektual yang lebih. Selain itu,dengan bermain multiplayer bersama-sama, maka pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain tanpa harus bertemu tatap muka. Algoritma yang akan diambil untuk penyelesaian permainan Tic Tac Toe sebagai komputer adalah algoritma Minimax. Komputer akan memilih langkah dengan keputusan yang terbaik dari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada permainan dan membuang beberapa kemungkinan yang tidak berguna dalam permainan jika telah ditemukan kemungkinan terbaik. Pembuatan permainan Tic Tac Toe ini dimulai dari pembuatan tampilan awal permainan. Proses selanjutnya diikuti dengan pembuatan tampilan permainan hingga pembentukan koneksi dengan server. Penanda langkah pemain akan diletakkan pada layar permainan ketika pemain telah melakukan langkah pada bidang tersebut. Penelitian dan analisa telah dilakukan sehingga mendapatkan hasil user testing yang dituliskan dalam tabel statistik. Hasil pengujian menjelaskan bahwa kendala utama dari aplikasi adalah waktu load sumber daya yang besar pada permainan. Implementasi penerapan permainan Tic Tac Toe secara online dapat dilakukan dengan memperhatikan pertukaran data yang terjadi antara komputer client dan server. Untuk pengembangan lebih lanjut, sebaiknya sumber daya yang digunakan oleh aplikasi digunakan seefektif mungkin agar tidak menjadi beban saat terjadi pertukaran data. date: 2012-02 date_type: published pages: 55 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22084468, HAVEL CYRUS ADIWITYA (2012) PENGEMBANGAN PERMAINAN TIC TAC TOE SECARA MULTIPLAYER BERBASIS ONLINE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3258/1/22084468_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3258/2/22084468_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf