@phdthesis{katalog3258, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, title = {PENGEMBANGAN PERMAINAN TIC TAC TOE SECARA MULTIPLAYER BERBASIS ONLINE}, month = {February}, year = {2012}, author = {HAVEL CYRUS ADIWITYA 22084468}, abstract = {Tic Tac Toe merupakan permainan paling tua yang pernah dimainkan oleh manusia. Tic Tac Toe dipercayai berasal dari Mesir ribuan tahun yang lalu. Namun dari bukti-bukti sejarah, permainan ini mulai populer pada jaman kerajaan Romawi. Menariknya, seiring dengan bertambahnya experience dan skill pemain, kedua pemain akan lebih sering mendapatkan hasil seri. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa topik ini diambil karena permainan ini sangat cocok untuk perkembangan pemain karena ketika pemain telah menguasai permainan ini, maka mereka akan dapat dengan lebih mudah menguasai permainan lain yang memerlukan tingkat intelektual yang lebih. Selain itu,dengan bermain multiplayer bersama-sama, maka pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain tanpa harus bertemu tatap muka. Algoritma yang akan diambil untuk penyelesaian permainan Tic Tac Toe sebagai komputer adalah algoritma Minimax. Komputer akan memilih langkah dengan keputusan yang terbaik dari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada permainan dan membuang beberapa kemungkinan yang tidak berguna dalam permainan jika telah ditemukan kemungkinan terbaik. Pembuatan permainan Tic Tac Toe ini dimulai dari pembuatan tampilan awal permainan. Proses selanjutnya diikuti dengan pembuatan tampilan permainan hingga pembentukan koneksi dengan server. Penanda langkah pemain akan diletakkan pada layar permainan ketika pemain telah melakukan langkah pada bidang tersebut. Penelitian dan analisa telah dilakukan sehingga mendapatkan hasil user testing yang dituliskan dalam tabel statistik. Hasil pengujian menjelaskan bahwa kendala utama dari aplikasi adalah waktu load sumber daya yang besar pada permainan. Implementasi penerapan permainan Tic Tac Toe secara online dapat dilakukan dengan memperhatikan pertukaran data yang terjadi antara komputer client dan server. Untuk pengembangan lebih lanjut, sebaiknya sumber daya yang digunakan oleh aplikasi digunakan seefektif mungkin agar tidak menjadi beban saat terjadi pertukaran data.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/3258/} }