eprintid: 3255 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/32/55 datestamp: 2020-08-05 03:35:19 lastmod: 2020-08-05 03:35:19 status_changed: 2020-08-05 03:35:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22074340, RIKY LIONG creators_id: riky.liong@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Restyandito, Restyandito corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: VISUALISAI SOLUSI RUBIK'S 2X2X2 DENGAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH ispublished: pub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Rubik’s merupakan permainan teka-teki atau puzzle mekanis yang ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pemahat dan professor arsitektur dari Hungaria bernama Erno Rubik. Permainan ini menggunakan kemampuan, logika dan daya ingat otak. Permainan ini cukup menantang bahkan tidak mudah dapat menyelesaikan rubik’s ini tanpa mengerti logika penyelesaiannya, banyak cara menyelesaikan permasalahan rubik’s ini serta algoritma-algoritma yang ada dalam menyelesaikan permainan rubik’s. inti permainan rubik’s adalah mengembalikan seluruh sisi kubus menjadi warna aslinya yang memerlukan beberapa langkah utama dalam penyelesaiannya. Berdasarkan itulah dirancang sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan rubik’s, khususnya rubik’s 2x2x2 untuk membantu para masyarakat awam yang kurang mengenal rubik’s 2x2x2 untuk mengetahui proses penyelesaian rubik’s itu menggunakan algoritma yang diimplementasikan di rubik’s 2x2x2. Simpulan yang didapat adalah penggunaan aplikasi penyelesaian rubik’s 2x2x2 ini dapat memudahkan pengguna rubik’s awam yang ingin mengetahui langkah-langkah penyelesaian permasalah rubik’s 2x2x2. Aplikasi ini hanya menghasilkan solusi untuk rubik’s 2x2x2 dan satu penyelesaian akhir. Untuk beberapa kasus diperlukan beberapa langkah yang kurang efisien dikarenakan kemampuan pola pikir komputer yang berbeda dengan logika manusia. Hal ini menyebabkan beberapa langkah lebih banyak daripada pemikiran logika manusia. date: 2012-02 date_type: published pages: 59 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22074340, RIKY LIONG (2012) VISUALISAI SOLUSI RUBIK'S 2X2X2 DENGAN ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3255/1/22074340_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3255/2/22074340_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf