eprintid: 3237 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 34 dir: disk0/00/00/32/37 datestamp: 2020-08-04 06:20:13 lastmod: 2020-08-04 06:20:13 status_changed: 2020-08-04 06:20:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22033139, YOHANES FENDY HARYANTO creators_id: fendy_thd@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Krisnawati, Dwi Lucia contributors_name: Restyandito, Restyandito corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENCARIAN POLA DALAM PERMAINAN KATA DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Pencarian pola dalam permainan kata adalah pencarian sebuah kata dari sekumpulan huruf yang telah diacak. Kata adalah kumpulan dari karakter yang memiliki suatu makna tertentu. Pencarian pola dalam permainan kata ini merupakan salah satu aplikasi dari algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP). Karena pada pencarian pola dalam permainan kata ini dilakukan pencarian suatu kata. Algoritma KMP adalah algoritma untuk melakukan pencocokan string dari sebuah teks. Algoritma inimerupakan algoritma pencocokan string yang cukup ringkas dan tepat. Oleh karena itu pencarian pola dalam permainan kata tersebut dapat menggunakan algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP). Melalui skripsi ini, penulis membuat sebuah program untuk mencari pola yang ada dalam permainan kata dengan menggunakan algoritma Knuth-Morris-Pratt. Pada permainan pencarian kata tersebut, pengguna diajak untuk mencari sebuah pola dalam sebuah papan permainan yang berukuran 30x30, 35x35 dan 40x40. Pada papan permainan ukuran 30x30 jumlah pola kata yang dicari adalah 20 kata, 35x35 adalah 24 kata dan 40x40 adalah 28 kata. Dan penerapan algorimta Knuth-Morris-Pratt ini adalah dengan penggunaan pilihan bantuan untuk pengguna. Pilihan bantuan tersebut nantinya akan membantu pengguna menemukan sebuah pola dengan algoritma Knuth-Morris-Pratt. Dari hasil analisis dan percobaan yang dilakukan penulis, ditemukan kesimpulan bahwa algoritma Knuth-Morris-Pratt ini dapat diterapkan dalam progam pencarian pola yang dibuat penulis. Semoga kedepannya program ini dapat dikembangan menjadi lebih menarik dengan penambahan fitur-fitur lain seperti pengimplementasian jariangan, sehingga dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih secara langsung. date: 2012-02 date_type: published pages: 53 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22033139, YOHANES FENDY HARYANTO (2012) PENCARIAN POLA DALAM PERMAINAN KATA DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3237/1/22033139_Bab1_Bab5_Daftapustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3237/2/22033139_Bab2-sd-Bab4_lampiran.pdf